Apel Merah Putih dan Ikrar NKRI Bentuk Wujud Cinta Tanah Air dalam Memperkokoh Rasa Persatuan

a
adminSelasa, 15 Oktober 2024
Apel Merah Putih dan Ikrar NKRI Bentuk Wujud Cinta Tanah Air dalam Memperkokoh Rasa Persatuan

BAGIKAN :

Pekalongan - Apel Merah Putih dan Ikrar NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) digelar pada Sabtu, 12 Oktober 2024 bertempat di lapangan Mataram Kota Pekalongan.


Adapun kegiatan ini merupakan rangkaian Maulid Akbar Kanzus Sholawat kota Pekalongan yang rutin diadakan setiap satu tahun sekali sebagai wujud nyata cinta tanah air yang menyalakan kembali semangat persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman bangsa.


Kegiatan ini mengusung tema "Dengan Maulid Nabi Muhammad SAW Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan dalam menyukseskan Pelantikan Presiden RI dan pemilihan Kepala Daerah Gubernur, Walikota maupun Bupati".


Ketua Panitia Maulid Akbar 2024 yang juga Kapolres Kabupaten Pekalongan AKBP Doni Prakoso Widamanto mengungkapkan, acara ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat bersama 2000 orang peserta.


Adapun peserta yang mengikuti terdiri dari perwakilan TNI, Polri, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan, Pemkab Batang, Petanesia, PCNU Kota Pekalongan, PCNU Kabupaten Batang, PCNU Kabupaten Pekalongan, Muslimat, Pramuka, pengurus Ndaru, IPNU-IPPNU, para pelajar, hingga para santri, dan lainnya.


Plt Wali Kota Pekalongan Salahudin bertindak sebagai inspektur upacara. Plt wali kota kali ini juga didampingi Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya, S.Sos., M.Han dan Kapolres Pekalongan Kota AKBP Prayudha Widiatmoko, S.I.K.



Turut hadir pula dalam apel merah putih ini Plt. Wali Kota Pekalongan, bapak H. Salahudin, S.T.P., Dandim 0710 Pekalongan, Letkol Infanteri Rizki Adiyta, S.Sos, M.Han, Kapolresta Kota Pekalongan, AKBP Prayudha Widiatmoko, S.I.K., Kapolres Kabupaten Pekalongan AKBP Doni Prakoso Widamanto, S.I.K., Sekjend Dewan fatwa kebangsaan (DFK) DPP PETANESIA Laksma TNI (Purn) Heri Suyanto, Sekjend DPP PETANESIA Bung Shidhiq Murtadho, S.H., Ketua Bidang OKK DPP PETANESIA Bapak Ahmad Carito.


Kegiatan Apel Merah Putih dan Ikrar NKRI ini merupakan bentuk nyata dari upaya memperkuat rasa cinta tanah air serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.


Tak hanya itu, kegiatan ini menjadi simbol penguatan nilai-nilai kebangsaan yang mengingatkan kepada seluruh rakyat Indonesia akan pentingnya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Adapun Ikrar NKRI dibacakan oleh beberapa perwakilan dari TNI, Polri, Pramuka, Banser, Satpol PP, santri, dan Resimen Mahasiswa (Menwa).


Ikrar NKRI yang dibacakan dalam apel merah putih ini bertujuan untuk menguatkan kesetiaan dan menjaga integritas bangsa, mempertahankan Pancasila, UUD 1945, serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai pondasi negara.


Melalui ikrar NKRI ini diharapkan dapat menjadi pengingat bersama mengenai betapa pentingnya menjaga kehormatan bangsa dan negara serta kesetiaan kepada bangsa dan negara dalam menghadapi tantangan zaman yang bisa mengancam persatuan bangsa.(*)

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads