Bukti Toleransi Ber Agama, Petanesia Kabupaten Tegal akan menyambut 32 Biksu dalam Perjalanan Menuju Borobudur Magelang Jawa Tengah

a
adminSenin, 22 Mei 2023
Bukti Toleransi Ber Agama, Petanesia Kabupaten Tegal akan menyambut 32 Biksu dalam Perjalanan Menuju Borobudur Magelang Jawa Tengah

BAGIKAN :

Petanesianews.com - Perjalanan 32 biksu Thailand yang melakukan Ritual Tudhong atau jalan kaki sejauh kurang lebih 2.600 KM. Perjalanan di mulai dari Nakhon Si Thammarat, Thailand menuju Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. ara Biksu yang ikut ambil bagian dalam Ritual Thudong berasal dari,Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand. Kegiatan ini memecahkan Rekor MURI. Mereka memulai perjalanan Ritual Thudong sejak 25 Maret 2023 dengan rute Thailand-Malaysia-Singapura-Indonesia. Para biksu ini masuk Indonesia dari Batam, Provinsi Kepulauan Riau.


Dewan Pimpinan Cabang Pencinta Tanah Air Indonesia (DPC Petanesia) Kabupaten Tegal, mempersiapkan penyambutan di objek wisata Pantai Purwahamba Indah (Purin) yang berada di Jalur Pantura, Kecamatan Suradadi.


Menurut Ketua DPC Petanesia Kabupaten Tegal, Mohammad Margaretta Rachmat, penyambutan tersebut akan dilakukan di Purin dengan melibatkan berbagai element Mahasiswa dan Paguyuban Seni yang ada di Kabupaten Tegal. 


"Penyambutan ini merupakan bentuk toleransi dan melaksanakan amanah Maulana Habib Luthfi Bin Yahya dalam menjaga dan merawat kerukunan ber-agama di dunia dan Indonesia.'' kata Margaretta yang didampingi sejumlah pengurus saat konferensi pers di kantor DPC Petanesia Kab. Tegal pada Jumat 19 Mei 2023.


Menurut Margaretta, Thudong merupakan kegiatan spiritual Biksu/Bhante dengan jalan kaki ribuan kilometer dan melewati empat negara. Ritual ini mendapat perhatian Dunia, dan ini adalah salah satu elemen penting keagamaan bukan hanya masyarakat Indonesia tapi seluruh masyarakat dunia yang harus dijaga dan dilestarikan. 


DPC Petanesia Kabupaten Tegal, lanjut Margaretta yang didampingi Sekretaris Petanesia, Dr Zaki Mubarok, merupakan bagian dari rumah tangga dunia yang harus ikut serta menjaga persaudaraan agama-agama dunia.


Disebutkan oleh Dr Zaki yang juga Wakil Rektor IBN Tegal, dalam acara penyambutan 32 Biksu pihaknya akan mementaskan seni dari UKM Junudul Musthofa IBN Tegal, STAPALA IBN Tegal, Persatuan Mahasiswa Pecinta Tanah Air Indonesia (PMPI) Kabupaten Tegal, Paguyuban Patra Ganesha, dan Sanggar Panji Laras pimpinan Ki Anom Kudowinahto.


Mereka akan menyambut dan memeriahkan acara tersebut dengan mengawal perjalanan para Biksu dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Perbatasan Pemalang. Pengawalan akan dilaksanakan oleh DPC Petanesia Kabupaten Tegal, UKM STAPALA IBN dan PMPI.


"Untuk menyambut kehadiran para Biksu di Purwahamba indah, akan dilaksanakan dengan serentak di isi dengan pentas seni dan budaya hadroh Junudul Musthofa dengan lagu Ya Lal Wathon, Sanggar Panji Laras pimpinan Ki Anom Kudowinahto serta Pameran pusaka oleh Paguyuban Patra Ganesha,''jelas Dr Zaki


Pelepasan rombongan Biksu dari Purwahamba akan dilakukan oleh Bupati Tegal Umi Azizah dan segenap staf di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal. 


''DPC Petanesia Kabupaten Tegal yang beranggotakan lintas agama dan kepercayaan serta latar belakang profesi yang berbeda-beda berkomitmen untuk melaksanakan amanah dan arahan dari Maulana Habib Luthfi bin Yahya untuk terus menjaga keragaman dan terus memegang teguh Bhineka Tunggal Ika dan keutuhan NKRI" Pungkas nya.


Sumber: Humas DPC Petanesia Kab. tegal

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads