Dalam Rangka Menguatkan Tali Silaturahmi Antar Sesama, Dewan Pimpinan Pusat Pencinta Tanah Air Indonesia Gelar Perlombaan Karambol Petanesia CUP

a
adminJumat, 23 September 2022
Dalam Rangka Menguatkan Tali Silaturahmi Antar Sesama, Dewan Pimpinan Pusat Pencinta Tanah Air Indonesia Gelar Perlombaan Karambol Petanesia CUP

BAGIKAN :

Petanesianews.com (Pekalongan) - Kegiatan lomba karambol Petanesia Cup ini digelar selama lima hari, berlangsung dari tanggal 15 sampai 20 September 2022 dengan diikuti dua ratus lebih peserta dari berbagi kalangan masyarakat Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang dan Kabupaten Pemalang dan sekitarnya.


Adapun cabang perlombaan yang dilombakan ada dua kategori, yakini kategori singgle dan double. Disela-sela kegiatan terdapat kuis tentang wawasan kebangsaan dan keindonesiaan untuk menjadi sarana edukasi pengurus Petanesia dalam menggelorakan semangat cinta tanah air Indonesia terhadap seluruh elemen masyarakat.


Permainan karambol ini dipilih sebagai perlombaan karena sudah menjadi sebuah kegiatan permainan yang biasa dimainkan oleh sebagian masyarakat dan juga bersifat rekreasi serta dapat menjalin silaturahmi antar sesama masyarakat sekitar, "Karena lomba karambol sendiri adalah sebuah kegiatan permainan masyarakat yang bersifat rekreasi, karena Petanesia itu ingin mengkonsep sebuah kegiatan Silaturahmi bersama warga Pekalongan dan sekitarnya. Jadi dipilihlah lomba karambol yang sangat digemari masyarakat sekitar Pekalongan, Batang dan Pemalang, tutur Budi selaku Ketua Panitia.


Peserta perlombaan sangat antusias dalam mengikuti perlombaan, mulai dari antusiasme peserta dalam menjawab kuis bernuansa wawasan kebangsaan dan keindonesiaan hingga semangat antusiasme peserta saling memberi support kepada sesama peserta yang lain.



Failasuf sebagai peserta perlombaan karambol kategori singgle dan double mengatakan dirinya sangat senang mengikuti perlombaan, karena dengan adanya lomba ini dapat meningkatkan persaudaraan antar sesama teman, kelompok dan antar desa maupun kota, "Perlombaan karambol ini di Pekalongan itu meningkatkan suatu persaudaraan sesama teman, juga suatu kelompok, antar desa juga antar kota. Soalnya kan itu untuk memperat, mungkin ada desa lain, Kota lain juga masuk kedalam Pekalongan. Perasaan kami sebagai pengagum atau hobi karambol sangat senang sekali dengan adanya Perlombaan karambol tersebut. Makanya di Pekalongan ini kita sudah dari berapa bulan muter dari desa lain ke desa lain mengadakan perlombaan" tuturnya.


Failasuf juga menyampaikan harapan kepada pengurus Petanesia agar dapat bekerja lebih maksimal untuk memajukan masyarakat, "Harapan kami sebagai warga Pekalongan sendiri untuk DPP Petanesia bekerja lebih baik untuk Pekalongan lebih maju lagi" imbuhnya.


Sukirno selaku Ketua Dewan Pimpinan Cabang Pencinta Tanah Air Indonesia Kota Pekalongan juga menyampaikan bahwa lomba karambol dapat mempererat kebangsaan Indonesia, "Melalui kegiatan lomba karambol yang dilaksanakan oleh DPP Petanesia ini harapannya dari DPC seluruh Indonesia dapat melaksanakan kegiatan yang sifatnya hampir sama atau serupa untuk mempererat atau mempersatukan warga negara Indonesia pada umumnya di beberapa daerah tentunya budayanya beda beda, disesuaikan dengan daerahnya masing-masing yang mana tujuannya untuk mempererat persatuan dan kebangsaan di Indonesia ini" ungkapnya.


Dengan diadakannya kegiatan perlombaan karambol ini nantinya peserta lomba dapat saling menghormati dan menghargai antar sesama. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara hari ulang tahun Pencinta Tanah Air Indonesia yang ke-3, dimana nanti akan ada beberapa jenis kegiatan yang terdiri dari dialog kemaritiman dan hari tani, dialog kepemudaan, potong tumpeng dan apel hari sumpah pemuda, pawai pajang jimat, kirab merah putih pada 29 Oktober mendatang dan kegiatan puncak pada tanggal 10 november yang diperingati sebagai hari pahlawan sekaligus pawai dari tugu pahlawan Surabaya menuju Pekalongan dan dari tugu proklamasi Jakarta menuju Pekalongan.


Penulis: Mishbah

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads