Dialog Kebangsaan Polri Bersama PMPI, Transformasi Polri Presisi Dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045

a
adminRabu, 12 Juni 2024
Dialog Kebangsaan Polri Bersama PMPI, Transformasi Polri Presisi Dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045

BAGIKAN :

Kegiatan dialog kebangsaan ini di gelar pada hari Senin, 10 Juni 2024 agenda wawasan kebangsaan yang digelar oleh Bidang Humas Mabes Polri bersama PMPI bertujuan untuk memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada generasi muda dan perwakilan organisasi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia berdasarkan teritorial Polda masing - masing.


Dalam acara dialog kebangsaan ini turut mengundang beberapa tokoh nasional diantaranya Dr. H. Maulana Al - Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya (Pendiri PETANESIA dan anggota Wantimpres RI) dan Surahno, S.H., M.Hum. (BPIP RI). Keduanya menjadi narasumber dalam acara ini.


Pada kesempatan ini Ketua Umum PMPI Khusniyati, S.Pd. memberikan sambutan sebagai pembuka acara kali ini. Khusni dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai pemuda generasi penerus bangsa harus mengetahui pentingnya wawasan kebangsaan, karena menjadi kesadaran diri akan identitas, hak dan kewajiban sebagai bagian bangsa Indonesia yang berdaulat dan berbudaya.


“Melalui wawasan kebangsaan, kita akan selalu diingatkan untuk selalu mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi. Sejalan dengan konsep Indonesia Emas, relevansi wawasan kebangsaan menjadi puncak kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia,” ucap Khusni.



“Lirik yang terdapat dalam lagu Indonesia Raya tidak serta merta hanya sebatas sebuah kalimat, namun memiliki makna yang dalam. Misalnya dalam kalimat pembuka ‘Indonesia Tanah Air-Ku’ menjadi contoh bahwa kita sebagai warga negara harus memiliki rasa handarbeni terhadap bangsa kita Indonesia,” tutur Abah Luthfi.


Bapak Surahno juga mengatakan bahwa butir yang terkandung dalam Pancasila harus diinterpretasikan dalam kehidupan berbangsa, memaknai setiap butirnya harus dengan kesadaran dalam menerapkan di kehidupan nyata.


Oleh karenanya, kita sebagai generasi penerus bangsa juga harus mengejawantahkan rasa cinta tanah air kita dalam kehidupan sehari - hari. Tentunya tidak terlepas dari hubungan masyarakat dengan instansi terkait. Dalam hal ini Polri sebagai penegak hukum harus terlibat dalam proses pendidikan dan sosialisasi wawasan kebangsaan terhadap seluruh masyarakat Indonesia.


Dalam hal ini bukan tugas yang ringan bagi Polri untuk melaksanakan Transformasi Polri Presisi, namun dengan rasa gotong royong dengan kekuatan masyarakat, tujuan tersebut tentunya akan dapat dicapai secara mufakat tanpa adanya perpecahan.


Harapan dengan adanya acara dialog Kebangsaan ini menjadi semangat bersama untuk menjaga, merawat, menguatkan rasa cinta tanah air dan menjadi spirit bersama dalam menyambut Indonesia Emas.


Penulis: Media PMPI

Editor: Saeful

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads