DPC Petanesia Kab. Tegal Selenggarakan Perayaan Trisuci Waisak

a
adminJumat, 16 Juni 2023
DPC Petanesia Kab. Tegal Selenggarakan Perayaan Trisuci Waisak

BAGIKAN :

Hari Raya Trisuci Waisak Tahun 2023 diselenggarakan oleh DPC Petanesia Kabupaten Tegal. Bertempat di Taman Bungah Slawi, Kamis, 15 Juni 2023. Hadir dalam kegiatan ini, Jajaran Dewan Fatwa kebangsaan DPC Petanesia Kabupaten Tegal, KH. Mujiburrohman Hasyim, Dr. Pdt. Sugeng Prihadi, M.Mn., M.Th., Brahmono W.P, ST., M.Eng, Supriyadi, S.Sos, M.Si, (Plt. Kepala Kesbangpol Kab. Tegal), Kepala Kasubag TU Kemenag Kab. Tegal, H. Kasori, S.Ag., Ir. Doddy Haksman Adi, Yohannes Totok Poerwono dari Katolik, Bangun Tresno dari Kejawen Maneges, Forkompimcam Slawi, serta Ibu Sosrodjojo, Pembina Vihara Buddha Sasana Dipa Slawi.


Diawali dengan Doa bersama lintas agama, perayaan Hari Raya Trisuci Waisak di Kabupaten Tegal, dilanjutkan dengan Sambutan oleh Ramani Sunarni, S.Ag., yang menyambut seluruh tamu undangan yang hadir. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan Perayaan Trisuci Waisak Tahun 2023 ini adalah pertama kali di kabupaten Tegal yang dilaksanakan secara terbuka. “Antusias segenap umat Buddha Slawi dalam menyelenggarakan acara ini sangat tinggi, kepada semua yang terlibat suksesnya acara ini, terutama kepada Ibu Sosrodjojo dan teman-teman Petanesia, kami menghaturkan terimakasih yang mendalam.” Tutupnya.



Dr. Pdt. Sugeng Prihadi, M.Mn., M.Th., selaku Dewan Fatwa Kebangsaan DPC Petanesia Kabupaten Tegal menyambut hangat perayaan ini. Nilai-nilai toleransi beragama di Kabupaten Tegal terus terawat dengan baik. “Kegiatan di Taman Bungah ini adalah yang kedua kalinya diselenggarakan oleh DPC Petanesia. Setelah pada Lebaran kemarin, Miniatur Masjid dan Ornamen Islami menghiasi tempat ini, sekarang giliran miniatur Candi sebagai simbol kebhinekaan yang terwujud di Kabupaten Tegal.”


Hadir mewakili Kementerian Agama Kabupaten Tegal, Kepala Kasubag TU, H. Kasori, S.Ag. yang antusias dan menyambut baik kegiatan ini. Kepada seluruh Umat Buddha khususnya yang ada di Kabupaten Tegal, ia mengucapkan Selamat Hari Raya Trisuci Waisak 2567 BE/ 2023 M. Dalam pidatonya, H. Kasori mengapresiasi kinerja DPC Petanesia Kabupaten Tegal yang menyelenggarakan acara di Taman Bungah, Slawi. “Acara-acara seremonial yang biasanya dilaksanakan di Taman Rakyat Slawi (Trasa), malam ini diselenggarakan di Taman Bungah, mudah-mudahan semua yang hadir di sini Bungah Kabeh, bahagia semua. Kementerian Agama hadir dan mendukung setiap perayaan keagamaan, karena Kemenag adalah milik semua agama.” Tuturnya.


Setelah acara berakhir dengan foto bersama dan ramah tamah, Ketua DPC Petanesia Kab. Tegal, Muhammad Margaretta Rachmat mengarahkan segenap Mahasiswa Pencinta Tanah Air Indonesia (PMPI) dan STAPALA Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal untuk merapikan kembali Taman Bungah seperti sedia kala. Hal ini diapresiasi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, beliau menuturkan, “Baru Kali ini saya menemukan selesai event bisa langsuh bersih dan rapi, terimakasih kepada DPC Petanesia atas komitmennya untuk menjaga kebersihan.” Tuturnya.


Penulis: Humas DPC Petanesia Kab.Tegal

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads