DPC Petanesia Kabupaten Tegal Terlibat dalam Pengawalan dan Penyambutan Bhiku Bhante Thudong International 2023

a
adminRabu, 24 Mei 2023
DPC Petanesia Kabupaten Tegal Terlibat dalam Pengawalan dan Penyambutan Bhiku Bhante Thudong International 2023

BAGIKAN :

PETANESIANEWS.COM - Dewan Pimpinan Cabang Pencinta Tanah Air Indonesia (DPC Petanesia) Kabupaten Tegal ikut terlibat dalam pengawalan dan penyambutan rombongan Bhante Thudong International 2023.


Kegiatan penyambutan para bhiku bhante dilaksanakan pada Rabu, 24 Mei 2023 bertempat di Taman Ria Sosro Permai, Purwahamba Indah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.


Rombongan para bhiku bhante tiba sekitar pukul 07.05 WIB di Purhawamba Indah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.


Penyambutan rombongan Bhante Thudong 2023 dihadiri oleh Mohammad Margaretta Rachmat Ketua DPC Petanesia Kabupaten Tegal didampingi sekretaris umum Ahmad Zaki Mubarok dan H. Itmam Aulia Bendahara Umum serta jajaran pengurus DPC Petanesia Kabupaten Tegal.


Turut hadir pula Umi Azizah Bupati Kabupaten Tegal, Forkopimda Kabupaten Tegal, Forkopimcam Suradadi, Tokoh Lintas pAgama serta Banser Satkorcab Kabupaten Tegal yang ikut serta dalam Pengawalan perjalanan para bhiku bhante.



Dr. Saifudin selaku Dewan Fatwa Kebangsaan DPC Petanesia Kabupaten Tegal menghaturkan doa tulus kepada rombongan Bhante supaya diberikan kesehatan lahir batin sampai kepada puncak muaranya.


"doa secara tulus untuk kawan-kawan dari Bhante Thudong empat negara mudah-mudahan nanti dalam perjalanan selanjutnya ke candi Borobudur tetap diberikan kesehatan lahir batin untuk sampai kepada puncak muaranya disana," tuturnya.


Prabudias selaku Penanggung Jawab Perjalanan Thudong International yang sekaligus menjabat sebagai Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali Kasultanan Cirebon mengungkapkan bahwa dirinya ditugaskan dan bertanggung jawab membawa rombongan Bhante menuju candi agung Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.


"dalam hal ini saya ditugaskan untuk bertanggung jawab membawa tiga puluh dua bhante atau biksu yang bersama kami berangkat dari ibu kota provinsi nakon sitamarat Thailand Selatan melewati empat negara dengan tujuan candi Agung Borobudur," pungkasnya.


Prabudias juga menjelaskan bahwa rombongan para bhante ini terdiri dari empat negara yang saat ini telah tiba di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah 


"ketiga puluh dua bhante ini ada dari Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia pastinya satu orang Bhante dari Indonesia ikut serta dan sudah hampir tiga perjalanan melewati empat negara ini sampai di daerah Kabupaten Tegal," terangnya.


Lebih lanjut Prabudias menjelaskan betapa dirinya sangat terharu ketika rombongan para Bhante tiba di Tegal karena banyaknya antusiasme yang begitu hebat.


"Ini sebuah hal yang sangat baru bagi kami semua. Secara jujur tadi saya menangis saat memasuki kota Tegal begitu hebatnya bapak-bapak TNI, POLRI, Pemerintah Daerah dan semua komponen masyarakat menyambut dan mengiringi kami dan masyarakat yang menyambut kami melalui wilayah bapak ibu sekalian," tandasnya.


Prabudias juga menjelaskan tentang ritual Thudong beserta sejarah yang baru pertama kali ada di Indonesia.


"Thudong adalah perjalanan ritual para bhiku jalan kaki ribuan kilometer. Thudong kali ini merupakan hal yang bersejarah dan baru pertama kali dilintasi sejak adanya Nusantara maupun adanya NKRI. Thudong dirancang oleh putra Indonesia bernama Bhante Wawan atau gelarnya Bhante Katandamo," tegasnya.


Penulis: Mishbah

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads