DPC Petanesia Tegal Gelar Pameran Keris untuk Tingkatkan Rasa Kecintaan Terhadap Budaya Lokal

a
adminSenin, 14 Maret 2022
DPC Petanesia Tegal Gelar Pameran Keris untuk Tingkatkan Rasa Kecintaan Terhadap Budaya Lokal

BAGIKAN :

PETANESIANEWS.COM - Dalam upaya meningkatkan kecintaan masyarakat akan kebudayaan daerah, Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Petanesia Tegal menggelar giat budaya yang diselenggarakan di komplek Makam Amangkurat Agung/Susuhan Amangkurat I, Raja Mataram.


Persisnya di desa pesarean Pekuncen Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Sabtu (12/3/2021). Ketua Divisi Perlindungan Situs Sejarah Indonesia Teguh Dwijanto R sebagai penggagas acara mengatakan kegiatan ini sebagai modal sosial yang menjadi landasan moral bagi para generasi muda Indonesia.


"Supaya bangga dan menghargai keaslian budaya harus dikembangkan untuk menjaring gerakan homogenisasi budaya dari pengaruh negatif globalisasi guna menjaga keaslian kebudayaan lokal sebagai jati diri bangsa," ujar Teguh.


Teguh yang juga sebagai ketua Umum Patra Ganesha (Paguyuban Tosan Aji Nusantara) Kabupaten Tegal menjelaskan jika kegiatan diisi dengan pameran dan edukasi keris. 


"Giat Budaya yang dilaksanakan oleh DPC PETANESIA Kabupaten Tegal pada kali pertama ini cenderung lebih menambah kecintaan masyarakat akan kekayaan budaya daerah yang ada di sekitar wilayah Tegal khususnya dan Indonesia umumnya," terangnya.


Menurutnya, nilai budaya yang terdapat dalam giat budaya perlu didokumentasikan agar tidak hilang. Sekaligus usaha pelestarian kebudayaan daerah.


"Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan kebudayaan yang dimilikinya. Setiap daerah tentu memiliki kebudayaannya sendiri," tuturnya. 


Oleh karena itu, lanjutnya, DPC Petanesia menggelar giat budaya untuk merawat nilai-nilai budaya agar kebudayaan yang ada tidak punah. (Misbah)

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads