DPW Petanesia Provinsi Kalimantan Timur Gelar Rapat Konsolidasi Bahas Penguatan Organisasi

a
adminSenin, 29 Juli 2024
DPW Petanesia Provinsi Kalimantan Timur Gelar Rapat Konsolidasi Bahas Penguatan Organisasi

BAGIKAN :

Petanesianews.com - Dewan Pimpinan Wilayah Pencinta Tanah Air Indonesia atau Petanesia Provinsi Kalimantan Timur menggelar acara rapat konsolidasi pada Minggu, 27 Juli 2024 di Perumahan Villa Tamara, Samarinda.


Kegiatan ini dilaksanakan guna membahas strategi penguatan organisasi untuk menjalin kolaborasi serta sinergi antara pengurus wilayah dengan pengurus dewan pimpinan cabang yang berada di provinsi Kalimantan Timur.


Adapun kegiatan ini diikuti oleh jajaran pengurus DPW Petanesia Kalimantan Timur dan diikuti oleh perwakilan pengurus DPC Petanesia Kutai Kartanegara serta DPC Petanesia Kota Samarinda.


Rapat konsolidasi ini juga membahas berbagai agenda pentin guna memperkuat, serta memajukan organisasi masyarakat besutan Maulana Habib Luthfi bin Yahya di wilayah Kalimantan Timur.


Ketua Dewan Fatwa Kebangsaan, Ir. H. Chairul Anwar, S.T., M.M., dalam arahannya kepada jajaran pengurus menegaskan posisi Ormas Petanesia yang tidak berpolitik praktis sesuai arahan sang Pendiri.


"Perlu diperhatikan Ormas Petanesia ini berdasarkan dawuh pendiri Petanesia, Habib Luthfi bin Ali bin Yahya, tidak berpolitik praktis dan selamanya tidak akan menjadi partai politik", tegasnya.


Tak hanya itu, Chairul juga menyampaikan harapan agar nantinya Petanesia dapat berkontribusi untuk mendorong iklim berbangsa dan bernegara yang inklusif di wilayah Kalimantan Timur.


"Dan agar Petanesia ini bisa berkontribusi aktif dalam mendorong dan memajukan iklim berbangsa dan bermasyarakat yang inklusif di Kaltim, dengan melibatkan seluruh elemen anak bangsa dalam pembangunan", tuturnya.



Adapun hal paling utama dalam pembahasan rapat kali ini ialah terkait percepatan untuk menentukan sekretariat untuk menjadi pusat koordinasi yang strategis untuk mendukung berjalannya kegiatan organisasi Petanesia.


Tak hanya itu, jajaran pimpinan DPW Petanesia Kalimantan Timur ini juga mempunyai inisiatif untuk melakukan evaluasi terhadap beberapa anggota yang tidak aktif ini diambil sebagai langkah yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas kader.


Pada kesempatan kali ini, pengurus DPW Petanesia Kalimantan Timur juga turut membahas mengenai rancangan program kerja. 


Adapun bahasan agenda tersebut dibahas langsung dalam forum dengan mengutamakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang ditujukan untuk memberikan dampak kebermanfaatan Petanesia kepada masyarakat, bangsa dan negara.


Asman Azis selaku ketua DPW Petanesia Kalimantan Timur mengatakan bahwa agenda program kerja ini harus dibahas secara maksimal dan telah melewati diskusi serta kesepakatan bersama pengurus serta anggota.


“Program kerja ini harus disiapkan oleh masing-masing Bidang dan Divisinya sebelum Rapat Kerja Wilayah resmi dilaksanakan, agar ketika pelaksanaannya tinggal dilakukan diskusi pendalaman, serta diplenokan dan disepakati bersama”, paparnya.


Bidang ekonomi juga menjadi fokus utama dalam rapat ini. DPW Petanesia Kaltim berencana untuk menggerakkan bidang ekonomi melalui kerja sama dengan berbagai usaha. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat, serta memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah.


Untuk memastikan koordinasi yang baik dan terarah, DPW Petanesia Kaltim akan mengadakan rapat rutin setiap sebulan minimal sekali. Rapat berkala ini bertujuan untuk mengevaluasi progres kegiatan, mendiskusikan tantangan yang dihadapi, dan merumuskan langkah-langkah strategis ke depan.


Dalam Rapat ini membahas perihal mengenai iuran anggota. Iuran ini akan digunakan untuk mendanai berbagai kegiatan organisasi dan memastikan operasional DPW berjalan lancar. Kebijakan ini sesuai dengan amanat yang tercantum dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Petanesia.


Selain poin-poin di atas, rapat juga membahas berbagai hal lain yang sesuai dengan AD/ART Petanesia. Diskusi ini meliputi penyesuaian kebijakan dan strategi organisasi agar selaras dengan ketentuan yang ada dalam AD/ART.


Dengan adanya rapat konsolidasi ini, DPW Petanesia Kaltim berharap dapat memperkuat organisasi dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat. Seluruh anggota diharapkan untuk tetap aktif dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan demi mencapai visi dan misi Petanesia.


Penulis : Time Media Petanesianews

Editor : Misbahul Anam

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads