Garda Dipowongso Satuan Kota Pekalongan Adakan Giat Donasi Bantuan Warga Terdampak Banjir Rob Pekalongan

a
adminSabtu, 03 Desember 2022
Garda Dipowongso Satuan Kota Pekalongan Adakan Giat Donasi Bantuan Warga Terdampak Banjir Rob Pekalongan

BAGIKAN :

Pekalongan (Petanesianews.com) - Garda Dipowongso Satuan Kota Pekalongan mengadakan giat donasi bantuan kepada warga terdampak banjir rob wilayah kecamatan Pekalongan Utara yang diadakan pada Sabtu, 3 Desember 2022.


Kegiatan pendistribusian bantuan dipimpin langsung oleh Bung Dharwanto selaku Kakomsatda Garda Dipowongso Satuan Kota Pekalongan, ia mengatakan bahwa Garda Dipowongso fokus untuk membantu mengurus kebutuhan para pengungsi, “saat ini , kami fokus untuk membantu kebutuhan para pengungsi. Saya berharap banjir ini cepat surut sehingga warga tidak tinggal lama di tempat pengungsian. Apalagi ada anak-anak yang butuh tempat yang nyaman untuk belajar dan bermain ” ujar Dharwanto.


Banjir rob ini terjadi karena tingginya air pasang yang masuk ke sungai dan melimpas ke permukiman warga dan menyebabkan genangan air sekitar 30-50 sentimeter.



Pasang surut air laut memicu terjadinya banjir rob hingga kepermukiman warga di wilayah Kota Pekalongan, khususnya di Kelurahan Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Jawa Tengah, “Gelombang pasang masuk ke sungai dan melimpas ke permukiman warga. Seperti di Kelurahan Panjang Wetan karena limpasan Sungai Loji, sehingga warga terdampak banjir rob terpaksa mengungsi” lanjutnya.


Menurutnya, perlu adanya kerjasama lintas sektoral dalam melakukan langkah penanganan bencana seperti memberikan layanan kesehatan pengungsi, melakukan evakuasi korban, dan penanganan kedaruratan.


“Sebagai bentuk kemanusiaan, kami menggalang donasi dan membagikannya pada warga terdampak banjir rob di kecamatan Pekalongan utara” jelasnya lebih lanjut.



Arif Wijaya Sekretaris Garda Dipowongso menuturkan bahwa pemberian bantuan kepada warga terdampak banjir rob sebagai wujud gotong royong kemanusian, "saling memperdulikan sesama manusia merupakan bagian dari pengamalan sila sila pancasila serta salah satu wujud cinta kepada tanah air Indonesia” ungkapnya


Pemberian bantuan kepada warga terdampak banjir rob berupa nasi, oseng buncis, telur, tempe goreng, “Sejumlah 241 bungkus dibagikan kepada sebagian warga kecamatan Pekalongan utara” jelas Arif wijaya.


Dengan adanya giat pendistribusian bantuan kepada warga terdampak banjir rob ini, harapannya adalah dapat dijadikan acuan dalam pengamalan nilai-nilai luhur gotong royong bangsa Indonesia.


Penulis: Mokhidin

Editor: Mishbah

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads