Kirab Merah Putih Meriahkan Rangkaian Muktamar Sufi International di Pekalongan

a
adminSelasa, 29 Agustus 2023
Kirab Merah Putih Meriahkan Rangkaian Muktamar Sufi International di Pekalongan

BAGIKAN :

Petanesianews.com - Kirab Merah Putih dalam rangka memeriahkan rangkaian kegiatan Muktamar Sufi International 2023 di Kota Pekalongan, Jawa Tengah.


Kirab Merah Putih ini diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari TNI, POLRI, Organisasi Masyarakat hingga kalangan pelajar dan mahasiswa.


Kegiatan kirab merah putih dipimpin langsung oleh Maulana Habib Luthfi bin Yahya selaku pimpinan World Sufi Assembly yang juga merupakan pendiri Pencinta Tanah Air Indonesia atau Petanesia.



Kirab merah putih ini dibuka langsung oleh Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid yang dimulai dengan titik start Stadion Hoegeng, Pekalongan dan finish di gedung Kanzus Sholawat.


Dalam kegiatan ini turut dibentangkan bendera merah putih sepanjang 1.001 meter dan juga arak-arakan replika burung garuda yang dimeriahkan dengan parade alutsista.


Berdasarkan pantauan petanesianews.com kegiatan kirab merah putih dimulai pada pukul 13.00 hingga 15.50 WIB.


Terlihat antusiasme masyarakat memenuhi jalanan sepanjang rute yang dilewati peserta kirab.


Masyarakat sekitar terhibur dengan adanya kirab merah putih yang diadakan guna menambahkembangkan rasa cinta tanah air.



Kirab merah putih juga dimeriahkan oleh parade alutsista hingga drumband ini mengambil titik start dari Stadion Hoegeng Pekalongan-Jalan Kemakmuran-Jalan Imam Bonjol-Jalan Pemuda-Jalan Hayam Wuruk-Jalan Dr Cipto-Panggung Kehormatan depan Hotel Nirwana Jl Dr Wahidin dan finish di depan Gedung Kanzus Sholawat Kota Pekalongan.


Sekretaris Jenderal DFK DPP Petanesia Laksma TNI (Purn) Heri Suyanto mengatakan bahwa kegiatan kirab telah selesai dengan diikuti ribuan peserta.


"Telah selesai dilaksanakan kirab merah putih dan parade alutsista dalam rangka rangkaian dari kegiatan muktamar Sufi International yang dilaksanakan di Pekalongan," ujarnya.


Laksma TNI (Purn) Heri Suyanto juga mengungkapkan bahwa adanya kirab merah putih ini juga dapat memperkokoh nasionalisme.


"Hal ini sangat baik sekali dan memberikan rasa kebanggaan, rasa nasionalme dalam rangka memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia," tandasnya.


Lebih lanjut, Sekjend DFK DPP Petanesia ini berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan semangat persatuan di kalangan anak muda.


"Semoga acara ini anak muda semua bangkit untuk dapat bersatu betapa pentingnya meresapi betapa pentingnya persatuan dan kesatuan bagi bangsa dan negara Indonesia," imbuhnya.


Sementara itu, Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid mengaku bersyukur bahwa pelaksanaan kirab merah putih dalam rangka menyambut Muktamar Sufi Internasional 2023 digelar di Kota Pekalongan bisa berjalan lancar. 


"Kirab merah putih ini masih satu rangkaian Muktamar Sufi Internasional Tahun 2023 di Kota Pekalongan," ungkapnya.


Muktamar Sufi Internasional Tahun 2023 di Kota Pekalongan dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 29 Agustus 2023 di Sahid International Convention Center, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.(*)


Penulish: Mishbah

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads