Kirab Merah Putih Ramaikan Perhelatan Muktamar Sufi International di Pekalongan

a
adminKamis, 24 Agustus 2023
Kirab Merah Putih Ramaikan Perhelatan Muktamar Sufi International di Pekalongan

BAGIKAN :

Petanesianews.com - Menjelang perhelatan Muktamar Sufi International yang akan dilaksanakan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berikut rangkuman Petanesianews.com mengenai kegiatan tersebut.


Diketahui bahwa pelaksanaan Kirab Merah Putih turut menjadi bagian acara dari Muktamar Sufi International.


Nantinya terdapat Ulama sufi yang terdiri dari 64 negara di dunia direncanakan hadir dalam ajang International ini.


Diketahui bahwasannya Maulana Habib Luthfi bin Yahya merupakan pimpinan Forum Sufi Dunia yang juga merupakan pendiri Ormas Kebangsaan Pencinta Tanah Air Indonesia atau Petanesia.


Muktamar yang akan dihelat untuk kedua kalinya ini bertajuk “Karya Sufi Kontemporer Dalam Dunia Yang Dinamis” yang akan membahas tentang 4 isu yaitu: Pendidikan Sufi dan Pengaruhnya terhadap Penyucian Jiwa; Ekonomi dan Pembangunan Berkelanjutan; Industri Media dan Opini Publik, dan; Peran Penting Tasawuf dalam Membangun Manusia dan Mengembangkan Peradaban”.


Adapun pelaksanaan Muktamar Sufi International yang diadakan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah ini akan dilaksanakan pada 29-31 Agustus 2023.


Sementara untuk pelaksanaan kirab merah putih dalam rangkaian Muktamar Sufi International ini akan dilaksanakan pada 28 Agustus 2023.


H. Sumarjo, SH selaku ketua kirab merah putih menyampaikan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan kegiatan tersebut.


Diketahui bahwasannya dalam pelaksanaan kirab merah putih ini nantinya juga turut dimeriahkan dengan parade alutsista.


"Terimakasih untuk pelaksanaan atau persiapan pelaksanaan kirab merah putih dan parade alutsista dalam rangka Muktamar Sufi International yang akan diselenggarakan Insyaallah Nanti pada tanggal 28 Agustus sampai tanggal 1 September di kota Pekalongan," ujar Maryono.


Maryono mengatakan bahwa pihaknya juga telah melakukan persiapan administrasi menjelang pelaksanaan kirab.


"Saya selaku koordinator kirab merah putih, InsyaAllah mudah-mudahan ini bisa terlaksana karena saya sudah melaksanakan persiapan-persiapan baik administrasi yang terkait dengan peserta maupun administrasi yang lain," tandasnya.


Mengenai adanya parade Alutsista, Sumarjo menerangkan bahwa nantinya akan mendatangkan sepuluh alutsista untuk meramaikan kirab merah putih.


"Kami akan menggerakkan kurang lebih ada 10 alutsista baik itu Anua dan lain sebagainya kami datangkan Insyaallah ini akan hadir H-1 pelaksanaan tanggal 27 Agustus 2023 Insyallah semuanya akan ada di Pekalongan akan kita parkirkan diparkir lapangan Stadion Kota Pekalongan," terangnya.


Lebih lanjut, Sumarjo mengungkapkan bahwa dalam kirab ini nantinya akan dibentangkan bendera merah putih dengan panjang ribuan meter serta dilengkapi burung garuda berukuran besar.


"Selain dari pada alutsista itu juga akan diikuti oleh 1001 panjangnya Merah Putih yang akan dibawa atau dikibarkan oleh kurang lebih 1000 personil yang mengibarkan. Dan juga ada kita lengkapi burung garuda pancasila yang besarnya kurant lebih 5x5 meter, ini melambangkan bahwa negara kita, pancasilah bendera merah putih," ungkapnya.


Sumarjo mengatakan bahwa nantinya Garda Petanesia turut dilibatkan sebagai pengibar bendera panji.


"Kemudian juga ada pasukan pengibar Panji panji jatman. Ini kami bentuk Nanti akan saya mintakan kepada pasukan yang dari itu namanya dari Garda Petanesia, saya minta satu peleton Garda Petanesia untuk membawa panji panji thoriqoh," imbuhnya.(*)


Reporter: Wahib Maulana

Editor: Mishbahul Anam

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads