LPA PETANESIA Kembali Adakan Kemah Kebangsaan Keempat Kalinya

a
adminSelasa, 19 Juli 2022
LPA PETANESIA Kembali Adakan Kemah Kebangsaan Keempat Kalinya

BAGIKAN :

petanesianews.com, Pekalongan — LPA PETANESIA kembali adakan Kemah Kebangsaan dengan tema Satu Hati Untuk Merah Putih. Kemah ini diadakan untuk yang keempat kalinya, bertempat di Desa Doro, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan. Acara ini dilaksanakan dalam dua hari, yakni dari hari Sabtu-Minggu, 16-17 Juli 2022. 


Kemah ini diikuti kurang lebihnya 100 peserta yang terdiri atas pelajar, mahasiswa, dan umum. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak anak anak muda, khususnya para pendaki gunung agar lebih tertarik dengan kegiatan konservasi alam dan lingkungan. Tidak lupa juga untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme.



Kegiatan ini tidak hanya sekedar bermalam saja, namun ada beberapa hal yang diajarkan kepada peserta. Mereka diberikan beberapa materi, antara lain Wawasan Kebangsaan (Kyai Subahan, KESBANGPOL Kab. Pekalongan), Ke-PETANESIA-an (Bpk. Sukirno, Ketua DPC Kota Pekalongan), LPA PETANESIA (Ketua LPA, Budi Furiyanto), Konservasi Biodiversity (Sangga Buana Foundation), dan Hipertofauna (Kang Bernard, Fotografer Wildlife). Para peserta juga diajak untuk monitoring primata dan Macan Jawa serta pengenalan jejak kanivora besar yang dipandu oleh Kang Bernard dan Anisa Sutarno (Ranger Sangga Buana dan Wildlife).


"Tentu saja kegiatan ini banyak manfaatnya, baik untuk para pecinta alam dan para pemula yang baru saja menggeluti dunia kepecintaalaman," begitu ujar Ketua LPA, Budi Furiyanto. 


Tambahnya lagi, "selain mereka diajarkan ilmu-ilmu alam, mereka juga diajarkan arti kebhinekaan dan kebersamaan tanpa nemandang suku, ras dan agama. Tidak lupa pula kami juga mengenalkan apa itu PETANESIA dan LPA PETANESIA".


Acara ini memang digelar sudah ke-empat kalinya, namun berbeda dengan konsep sebelumnya. Kemah kebangsaan lalu bertepatan dengan Hari Kemerdekaan. Jadi, diadakan Gebyar Merah Putih untuk membangkitkan rasa nasionalisme dikalangan anak muda. Ditambah juga ada event pengenalan potensi wisata pedesaan. Kemah tahun lalu bertempat di Janglangas Pemalang. Sedangkan kemah yang bertema satu hati untuk merah putih ini, lebih mengajak anak muda untuk menjadi pejuang-pejuang konservasi yang berjiwa Pancasila.


"Kami dari LPA PETANESIA akan mendidik kader-kader muda kami untuk menjadi pejuang konservasi yang berjiwa Pancasila. Selanjutnya bisa memahami arti kebhinekaan. Alam yang disasarkan tidak hanya hutan saja, sungai dan pantai pun dalam rencana kegiatan kami." Tutupnya dalam mengungkap tindak lanjut dari kegiatan kemah ini.


Penulis: Ihza

Editor: Ihza

Publisher: Rifqi

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads