Peresmian Tugu Perjuangan Pekalongan, Walikota Pekalongan; Ini Inisiasi dari Maulana Habib Luthfi bin Yahya

a
adminKamis, 20 Juli 2023
Peresmian Tugu Perjuangan Pekalongan, Walikota Pekalongan; Ini Inisiasi dari Maulana Habib Luthfi bin Yahya

BAGIKAN :



Petanesianews.com - Walikota Pekalongan Achmad Alf Arslan Djunaid melakukan peresmian tugu perjuangan Pekalongan.


Persemian tugu perjuangan Pekalongan ini atas Inisiasi pendiri Pencinta Tanah Air Indonesia atau Petanesia yakni Maulana Habib Luthfi bin Yahya.


Adapun tujuan dari persemian tugu perjuangan Pekalongan ini untuk merawat ingatan terhadap perjuangan masyarakat Pekalongan dalam memperjuangkan kemerdekaan.


Peresmian tugu perjuangan ini mempunyai kilas balik sejarah masyarakat kota Pekalongan yang merebut kemerdekaan dari penjajah.


Perebeutan kekuasan tersebut dijelaskan langsung oleh Achmad Afzan Arslan Djunaid yang menuturkan sejarah 3 Oktober 1945 silam.



"Pada siang hari ini akan diadakan momen bersejarah, yakni kita akan meresmikan tugu perjuangan di komplek Stadion Hoegeng ini dimana Kota Pekalongan ini sejarahnya ini pada tanggal 3 Oktober tahun 1945 ini ada perebutan kekuasaan yang diprakarsai oleh para pemuda, tokoh agama dan seluruh masyarakat Kota Pekalongan ini kita merebut kemerdekaan penjajah Jepang," terangnya.


Lebih lanjut, Walikota Pekalongan mengatakan bahwa pendirian serta persemian tugu perjuangan Pekalongan di inisiasi oleh Maulana Habib Luthfi bin Yahya.


"Ini monumennya pada siang hari ini atas inisiasi dari Maulana Habib Luthfi bin Ali bin Yahya dan atas sinergitas antara TNI, POLRI dan pemerintah kota Pekalongan alhamdulillah pada siang hari ini bisa terwujud," ujarnya.


Achmad Alf mengungkapkan bahwa peresmian tugu perjuangan ini terasa sangat istimewa.


Pasalnya beberapa tokoh penting hadir untuk menyaksikan dan meresmikan secara langsung.


"Ini sangat istimewa dihadiri oleh beberapa tokoh penting, ada pak Kasad Dudung Abdurrahman dan berbagai dari jajaran TNI dan POLRI," tandasnya. (*)


Penulis: Mishbah

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads