Peringati Hari Raya Waisak 2567 BE 2023, Walubi Gelar Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Kawasan Candi Borobudur

a
adminKamis, 01 Juni 2023
Peringati Hari Raya Waisak 2567 BE 2023, Walubi Gelar Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Kawasan Candi Borobudur

BAGIKAN :

PETANESIANEWS.COM - Walubi adakan pengobatan gratis kepada masyarakat dalam rangka peringatan hari raya Waisak 2567 BE Tahun 2023.


Penyelenggaraan Bakti Sosial pengobatan gratis diadakan oleh Walubi dalam rangka memperingati hari raya Waisak 2567 BE 2023 pada 30 Mei hingga 4 Juni 2023 bertempat di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.


Pelaksanaan bakti sosial yang diadakan Walubi dengan kegiatan pengobatan gratis yang diperuntukkan bagi masyarakat umum ini mengerahkan sekitar tiga ratus Dokter serta tenaga kesehatan.


Adapun target dari pengobatan gratis ini ditargetkan dengan jumlah empat ribu orang yang bersedia mengikuti kegiatan pengobatan gratis.


Pembukaan kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ganjar Pranowo gubernur Jawa Tengah, Hartati Murray Ketua Walubi, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Jawa Tengah, Kapolresta Magelang Kota, Kapolres Kabupaten Magelang, Gubernur AKademi Militer, serta ratusan Dokter dan tenaga kesehatan. 


Hadir pula Ketua Dewan Pimpinan Cabang Pencinta Tanah Air Indonesia (DPC Petanesia) Kabupaten Magelang yakni Habib Umar bin Yahya mengungkapkan bahwa dirinya ikut berpartisipasi dalam pembukaan serta dalam dalam rangka menjadikan Petanesia sebagai garda terdepan dalam kebhinekaan.


"hari ini saya Ikut Hadiri dalam rangka acara pembukaan bakti sosial Trisuci Waisak 2567 BE-2023, kita tunjukan bahwa Petanesia DPC Magelang sebagai Garda terdepan dalam Kebhinekaan dan Toleransi antar umat beragama juga melaksanakan amanah Abah Lutfhi Bin Yahya (pendiri Petanesia) untuk selalu menjaga kesatuan dan kesatuan NKRI," tuturnya.


Pihaknya juga menyampaikan bahwa akan ikut serta dalam penyambutan para Bhante Thudong yang nantinya akan tiba di Magelang.


"Petanesia DPC Magelang yang dipimpin oleh saya langsung akan menyambut 32 Biksu Thudong yang akan tiba di Magelang," tuturnya.


Sementara itu, Kusmanto selaku anggota Garda Petanesia JATENG DIY mengaku bangga dirinya bisa ikut hadir dan merasakan momen kebersamaan antar umat beragama.


"saya sangat bangga kalau hari ini ikut menyaksikan acara pembukaan bakti sosial kesehatan Tri Suci Waisak BE 2567 - 2023 yang di adakan oleh Walubi, ini acara luar biasa, saya bisa merasakan bagaimana kerukunan antar umat beragama sangat terasa, toleransi yang patut dicontoh dan dipertahankan," tandasnya.


Romo Asun Ketua Panitia kegiatan yanh sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua Sekertaris Jendral ( Wasekjen) Walubi menuturkan bahwa pihaknya melibatkan delapan kecamatan yang diundang untuk mengikuti kegiatan pada hari pertama.


"Hari pertama Walubi atau hari ini Rabu, 30 Mei 2023 melaksanakan program bakti sosial pengobatan gratis kepada masyarakat, ada delapan Kecamatan yang kami undang, hari ini masyarakat yang hadir untuk berobat hampir dua ribu orang, jadi Baksos Kesehatan berlangsung dua hari, Tanggal 30 dan 31 Mei 2023," terangnya.


Maju salah seorang warga Kalisari Tempuran mengatakan bahwa dirinya ikut berobat dalam kegiatan bakti sosial Walubi.


"Saya ikut Berobat di sini karena Jari tangan saya kaku, dan sakit, mudah mudahan saja setelah berobat dari sini bisa sembuh, saya sangat senang dan berterima kasih kepada Walubi yang setiap tahun mengadakan Bakti sosial di kawasan Borobudur, kami masyarakat bawah sangat terbantu dengan kegiatan ini," ungkapnya.(*)


Penulis: Nana Sarna

Editor: Mishbah

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads