Petanesia Beri Selamat atas Hari Lahir TNI ke 77

a
adminSelasa, 04 Oktober 2022
Petanesia Beri Selamat atas Hari Lahir TNI ke 77

BAGIKAN :

PETANESIANEWS.COM - Ketua DPP Petanesia, M Eko Priyono memberikan ucapan selamat atas HUT TNI ke 77 tahun 2022. 


Hal itu disampaikan langsung oleh awak media Petanesianews.com, Senin (3/10/2022) di Kantor Sekretariat DPP PETANESIA.


Yakni di Jalan Diponegoro Nomer 20 Kota Pekalongan.


“Bahwa penyampaian ucapan selamat HUT TNI merupakan bentuk apresiasi Petanesia kepada TNI karena telah mengawal pertahanan negara dan senantiasa setia terhadap Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” ujar Eko.


Di momen ini pula Eko mengucapkan rasa hormat dan terima kasihnya kepada TNI atas kontribusinya untuk negeri ini.


"Terima kasih kepada TNI yang telah berjuang untuk kemakmuran negeri dan kesejahteraan rakyat dengan semangat sapta marga dan sumpah prajurit. Dirgahayu TNI, teruskanlah berkontribusi bagi Negeri ini,” ucapnya.


Adapun tema besar dalam peringatan HUT TNI ke 77 tahun ini yakni bertajuk ‘TNI adalah Kita’. Tema itupun disambut secara positif oleh Eko. 


Menurutnya tema tersebut merupakan bentuk komitmen mendekatkan TNI dengan masyarakat.


Dirinya menjelaskan bahwa TNI dengan rakyat adalah dua sisi mata uang yang tidak bisa terpisahkan. 


“ Jatidiri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional merupakan bagian yang tak terpisahkan dari rakyat,” katanya.


“Oleh karena itu apabila ada upaya-upaya untuk memisahkan TNI dari rakyat, hal tersebut merupakan pengingkaran akan kodrat TNI sebagai tentara yang berasal dari rakyat. Berjuang bersama rakyat dan untuk kepentingan rakyat,” sambungnya.


Tema besar itu, lanjutnya, merupakan refleksi historis dari dimensi kerakyatan dalam sejarah kelahiran TNI.


Selain itu sebagai proyeksi organisasi angkatan bersenjata untuk senantiasa membela kepentingan rakyat.


“TNI sejatinya tidak lahir dan terbentuk begitu saja. Keberhasilan Indonesia dalam merebut kemerdekaan dan kemudian mempertahankannya, tidaklah luput dari peran besar rakyat sebagai komponen pendukung utama,” tuturnya.


Ia mengatakan sejarah mencatat, bahwa cikal-bakal TNI adalah sebagian rakyat bersenjata yang berjuang mengorbankan jiwa dan raganya dalam mengusir penjajah.


“Maka sebagai tentara rakyat, TNI harus selalu dekat dengan rakyat,” ujarnya.


Selaras dengan Tema HUT TNI Tahun 2022, Petanesia sebagai organisasi kemasyarakatan akan mendukung penuh upaya TNI dalam menjalankan peran, fungsi dan tugasnya. 


Menurut Eko, Petanesia yang merupakan organisasi bentukan ulama karismatik Habib Lutfi bin Yahya. Konsisten dalam menjaga persatuan bangsa.


Ditegaskannya intoleransi, radikalisme, dan terorisme merupakan musuh bangsa Indonesia karena tidak sesuai dengan ideologi dan konsensus dasar negara. 


Untuk itu, Petanesia berkomitmen untuk bersinergi dengan TNI dalam upaya mencegah tindakan dan perilaku provokatif yang dilakukan oleh kelompok masyarakat tertentu.


“Yang dapat mengganggu ketertiban umum dan memecah belah persatuan dan kesatuan Negara,” pungkas Eko.


Tak lupa, Eko juga sudah mengintruksikan dari semua tingkatan DPW, DPC, DPAC Petanesia untuk memasang spanduk ucapan HUT TNI diwilayah masing-masing.


Penulis: Mokhidin

Editor: Eko Wahyu Budi

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads