Rayakan Momentum Bangkitnya UMKM dan Foodpreneur, Pemerintah Kota Pekalongan Gelar Pekalongan Cullinary dan Creative Fest

a
adminRabu, 13 Juli 2022
Rayakan Momentum Bangkitnya UMKM dan Foodpreneur, Pemerintah Kota Pekalongan Gelar Pekalongan Cullinary dan Creative Fest

BAGIKAN :

Pekalongan-Peringati Hari Koperasi Nasional Tahun 2022, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM (dindagkopukm) Kota Pekalongan berkolaborasi dengan Balai Rasa Festival adakan kegiatan Pekalongan Cullinary dan Creative Fest, kegiatan ini merupakan Momentum Bangkitnya UMKM dan Foodpreneur yang diselenggarakan pada 13-17 Juli 2022, bertempat di lapangan Mataram, Kota Pekalongan. (13/7)


Kegiatan ini di inisiasi oleh dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM dalam rangka merayakan momentum bangkitnya UMKM dan Foodpreneur di wilayah Kota Pekalongan, adapun sejumlah rangkaian kegiatan pelaksanaan Pekalongan Culinary and Creative Fest 2022 ini berlangsung selama lima hari ke depan, diantaranya ada kegiatan Ngopi Bersama Wakil Gubernur Jawa Tengah, Walikota Pekalongan dengan menyuguhkan 500 cup kopi tahlil khas kota Pekalongan secara gratis, Bazar UMKM Kreatif, Live Music, Senam Zumba, Talk Show, Game Competition, berbagai kegiatan lomba, mulai dari perlombaan masak, mewarnai, Tiktok Competition, Lomba Foto, Pentas Seni dan Budaya, Chef Junior (Gemar Makan Ikan) Pelajar SD.


Kegiatan Pekalongan Cullinary dan Creative ini merupakan momentum bangkitnya UMKM dan Foodpreneur di Kota Pekalongan pada masa endemi saat ini. Dalam pelaksanaan kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat.



Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid dalam sambutannya menuturkan bahwa Pemerintah Kota Pekalongan mendorong pelaku UMKM di bidang kuliner, dimana saat masa pandemi sudah dibina oleh Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM untuk ke depan bisa mengemas produk makanan supaya lebih menarik, "Mudah-mudahan membawa dampak untuk pemulihan ekonomi, terutama di sektor kuliner. Mudah-mudahan ini bisa mendapatkan berkah dari Allah SWT, dan kita juga mendapat keberkahan yang lain, yaitu kehadiran pak wakil gubernur Jawa Tengah, ini sekaligus beliau membuka secara resmi acara festival kuliner yang ada di Pekalongan tahun 2022 ini"


Taj Yasin Maimoen, Wakil Gubernur Jawa Tengah, dalam membuka kegiatan Pekalongan Cullinary dan Creative Fest menyampaikan bahwa dengan adanya festival kuliner ini dapat mengangkat maupun mengenalkan produk UMKM Lokal Pekalongan. Ia juga mengapresiasi inisiatif walikota Pekalongan dalam pemilihan tempat festival dalam mengajak seluruh elemen pemerintahan untuk saling mempromosikan para pelaku UMKM dan makanan khas di daerahnya masing-masing, "ini bukan hanya progres saja yang di fikirkan, akan tetapi dampak ekonominya ini yang lebih utama" tuturnya.


Ia juga menambahkan, bahwa pemerintah harus bisa mengawal para pelaku UMKM dalam memperoleh perizinan untuk bisa disajikan dengan baik, Pentingnya pelaku umkm harus didampingi oleh pemerintah ini nantinya untuk dapat memfasilitasi standardisasi yang baik. Taj Yasin juga berharap adanya pendampingan dinas, "Maka saya berharap dengan adanya festival kuliner ini, dindagkopukm lebih semangat, lebih lari lagi untuk mencari didaerah mana yang ada umkm yang menarik belum memiliki izin. Langsung kita datangi, kita ajak" tegasnya.


Momentum kegiatan festival ini merupakan salah satu trobosan yang harus di dorong, maka perlu disiapkan bersama dari hulu sampai ke hilir untuk menuju sumber daya manusia yang akan datang lebih kreatif, cerdas dalam menyongsong era Indonesia emas.


Harapan dengan adanya kegiatan ini, tentunya pemerintah beserta masyarakat harus berkolaborasi dan bersinergi bersama dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan maju bersama.


Penulis: Mishbah

Editor: Rifqi

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads