Sukses Gelar Rakernas Perdana, LBH Petanesia Komitmen Layani Masyarakat Terkecil Demi Keadilan Hukum

a
adminMinggu, 27 Agustus 2023
Sukses Gelar Rakernas Perdana, LBH Petanesia Komitmen Layani Masyarakat Terkecil Demi Keadilan Hukum

BAGIKAN :

Petanesianews.com - Lembaga Bantuan Hukum Pencinta Tanah Air Indonesia (LBH Petanesia) sukses menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) perdana.


Turut hadir jajaran pengurus DPP Petanesia, Pengurus LBH DPP Petanesia, LBH Petanesia tingkat provinsi dan tuan rumah DPC Petanesia Kota Bekasi dan LBH Petanesia Kota Bekasi dalam mengikuti kegiatan Rakernas.


Diketahui bahwa kegiatan rakernas menjadi suatu momentum penting bagi para pemangku kepentingan dan anggota LBH Petanesia dari seluruh Indonesia dalam rangka merumuskan rekomendasi dan pesan-pesan penting dalam konteks hukum dan perjuangan sosial.


Pelaksanaan Rakernas LBH Petanesia ini merupakan mandat dari pendiri Petanesia Maulana Habib Luthfi bin Yahya.


“Rakernas LBH DPP Petanesia ini merupakan amanat dari Guru Besar Maulana Habib Luthfi bin Yahya, tokoh berpengaruh dalam Induk organisasi ini, yang merupakan tokoh kebangsaan yang tidak di Ragukan lagi, yaitu Dr.Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya,” ujar Ketua Rakernas LBH Petanesia Surya H.Saragih.


Turut hadir pula jajaran aparat penegak hukum yang terdiri dari Wakil Direktur Binmas Polda Metro Jaya, AKBP Yudhistira Midyahwan, serta Irjend Pol (Purn) Andjar Dewanto, dan Dewan Fatwa Kebangsaan yang turut memeriahkan acara dengan wawasan dan pengalaman mereka dalam bidang hukum.


Surya selaku Ketua pelaksana menyoroti betapa pentingnya membangun karakter bangsa yang berbudaya dan bermartabat melalui tanggung jawab terhadap anak cucu negeri. 


Lebih lanjut, Surya mengutip satu kata-kata mutiara dari pendiri Petanesia Habib Luthfi bin Yahya.


"Apabila kita tidak mau berpikir jauh tentang kecenderungan melunturnya kecintaan kepada para ulama dan tanah air, sulit dipertahankan lebih lanjut dengan apa yang sering kita dengungkan cinta tanah air NKRI harga mati,"



Sementara Mochamad Ilham Direktur Eksekutif LBH Petanesia mengungkapkan bahwa tujuan utama pelaksanaan Rakernas pertama LBH Petanesia ini guna membahas isu-isu aktual dan memberikan rekomendasi kepada pemerintah.


Tak hanya itu, Rakernas in juga mempunyai pesan kuat kepada anggota LBH Petanesia untuk melayani masyarakat terkecil dengan sepenuh hati, memperjuangkan keadilan.


"Tema 'Dengan Semangat Kebangsaan, Kita Perjuangkan Hukum yang Berkeadilan bagi Seluruh Rakyat Indonesia' menjadi pusat perhatian. Tema ini mencerminkan semangat nasionalisme dan komitmen untuk mewujudkan hukum yang adil bagi semua warga negara," terangnya.


Hal senada juga diungkapkan Tommy Triyunanto, Sekretaris Jenderal LBH Petanesia mengatakan terkait betapa pentingnya semangat kebangsaan dalam membentuk landasan hukum yang adil dan merata.


Salah satu peserta Rakernas pertama, Joko Siswanto merasa bangga menjadi bagian dari LBH Petanesia. 


Motivasi yang kuat merupakan pondasi semangat cinta pada tanah air dan kecintaan pada nilai-nilai luhur Pancasila. Dia juga mengajak semua anggota untuk tetap berjuang dalam memperjuangkan hukum yang adil dan berkeadilan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.


Dengan terlaksananya kegiatan Rakernas LBH DPP Petanesia ini tentunya diharapkan dapat mempertegas komitmen organisasi dalam memperjuangkan hukum yang berkeadilan, menghidupkan semangat kebangsaan, dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan bangsa.


Penyelenggaraan acara ini menjadi titik tolak bagi langkah-langkah positif menuju hukum yang lebih adil dan sistematis.(*)


Penulis: Mishbah

BAGIKAN :

footer-ads

Kategori

second-side-ads
third-side-ads